Thursday, June 23, 2011

Fungsi Main () Pada C++




Ketemu lagi pada postingan saya selanjutnya, yaitu tentang fungsi main(). Program C++ memang tidak pernah lepas dengan fungsi. Sebab fungsi adalah salah satu dasar penyusunan blok pada C++. Sebuah program C++ minimal mengandung sebuah fungsi main(). Fungsi ini menjadi awal dan akhir sebuah program C++.

main adalah nama judul fungsi sedangkan :

{
cout << “ Hello Word “ << endl;
}

(dimulai dari tanda { hingga tanda }) disebut fungsi tubuh. Lebih spesifik lagi, semua yang terletak didalam tanda {} disebuat blok.

Tanda () digunakan untuk mengapit argumen fungsi, yaitu nilai yang akan dilewatkan ke fungsi. Pada fungsi main() seperti pada contoh tidak ada argumen yang diberikan. Oleh karena itu tidak ada entri didalam ().

Kata void yang mendahului main() dipakai untuk menyatakan bahwa fungsi ini tidak memiliki nilai balik. Didalam tanda {} bisa terkandung sejumlah unit yang disebut dengan pernyataan (statement).

Sekian dulu penjelasan tentang fungsi main yang ada di dalam pemrograman C++. Untuk penjelasan selanjutnya akan saya jelaskan pada postingan saya yang berikutnya. Jangan lupa kasih komentar ya??

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More