Sunday, June 12, 2011

Kriptografi AMD5

download source code kriptografi AMD5

   Kriptografi telah dikenal dan dipakai cukup lama sejak kurang lebih tahun 1900 sebelum masehi pada prasasti-prasasti kuburan. Kriptografi sendiri berasal dari kata “Crypto” yanng berarti rahasia dan “graphy” yang berarti tulisan. Jadi, dapat dikatakan kriptografi adalah tulisan yang tersembunyi. Dengan adanya tulisan yang tersembunyi ini, orang-orang yang tidak mengetahui bagaimana tulisan tersebut disembunyikan tidak akan mengetahui bagaimana cara membaca maupun menerjemahkan tulisan tersebut. William Stallings mendefinisikan kriptografi sebagai “the art and science of keeping messages secure”.

    Kriptografi menjadi dasar bagi keamanan komputer dan jaringan karena yang menjadi pokok dari fungsi komputer dan jaringan adalah data ataupun informasi. Komputer dan jaringannya menjadi sarana bagi distribusi data dan informasi, maka data dan informasi tersebut harus diamankan agar hanya orang-orang yang berhak mengaksesnya yang dapat mengetahui maupun menggunakan data tersebut. Salah satu cara yang paling banyak digunakan dalam mengamankan data adalah dengan kriptografi. Data-data tersebut diamankan dengan sedemikian rupa oleh pengirim sehingga orang lalin tidak dapat mengenali data tersebut. Hal ini lebih dikenal dengan nama proses enkripsi. Data atau pesan yang asli sering disebut sebagai plaintext dan data yang telah dienkripsi disebut sebagai chipertext ata menurut terminologi yang lebih tepat enchiper.

    Data yang telah dienkripsi disebut chipertext karena data asli (plaintext) telah mengalami proses di dalam sebuah algoritma kriptografi atau lebih dikenal dengan nama chiper. Kebalikannya, proses merubah pesan yang telah dienkripsi (chipertext) menjadi pesan asli (plaintext) disebut sebagai proses dekripsi atau dechiper.

Source code nya dapat di download di sini

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More