Wednesday, June 15, 2011

MEMAHAMI SERANGAN HACKER PADA SISTEM KOMPUTER

Berbagai serangan yang bisa terjadi pada sistem komputer anda yang di lalukan oleh hacker adalah sebagai berikut :

1. Serangan Non Teknis

Eksplotasi yang melibatkan manipulasi orang atau pengguna adalah vulnerabilitas terbesar dalam komputer atau infrastruktur jaringan. Eksplotasi jenis ini di golongkan ke eksplotasi yang bersifat social engineering.
Social engineering diartikan sebagai eksplotasi dari kepercayaan manusia untuk memperoleh informasi dengan tujuan yang tidak baik.
Sedangakan serangan lain terkait dengan sistem informasi adalah bersifat fisik, dimana hacker akan menerobos bangunan, ruang komputer dan area lain yang berisi informasi atau properti yang penting. Serangan ini disebut dengan physical attacks. Physical attacks dapat meliputi dumpster diving.

2. Serangan Infrastruktur Jaringan

           Menyerang infrastruktur jaringan adalah sangat mudah, karena banyak jaringan dapat dilihat dari manapun juga di dunia ini melalui internet. Berikut ini adalah beberapa contoh serangan terhadap infrastruktur jaringan :
1. Terhubung ke sebuah jaringan melalui model yang dipasang ke komputer dan melewati firewall.
2. Mengeksploitasi kelemahan mekanisme transport jaringan seperti TCP/IP dan NetBIOS.
3. Membanjiri jaringan dengan banyak permintaan, membuat sebuah denial of service (DoS) untuk permintaan yang sah.
4. Menginstall tool analisa jaringan di dalam jaringan dan mengambil setiap paket yang melewati dan menghilangkan informasi yang rahasia.
5. Masuk ke sebuah jaringan melalui konfogurasi wireless yang tidak aman yaitu 802.11b.

3. Serangan Sistem Operasi

Menyerang sistem operasi lebih di sukai oleh para hacker. Sistem operasi terdiri dari banyak bagian yang mudah untuk di serang karena setiap komputer mempunyai celah yang bisa di gunakan dan dimanfaatkan.
Hacker lebih menyukai menyerang sistem operasi windows dan linux karena orang banyak menggunkan sistem operasi ini dan tahu banyak mengenai vulnerabilitas sistem operasi ini.
Beberapa contoh serangan pada sistem operasi adalah sebagai berikut :
1. Mengeksplotasi penerapan protokol yang spesifik
2. Menyerang otentikasi sistem
3. Menerobos keamanan sistem file.
4. Mengcrack password dan mekanisme enkripsi.

4. Serangan Aplikasi
           Program seperti software server e-mail dan aplikasi web sering menjadi sasaran para hacker. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut :
1.  Aplikasi Hypertext Transfer Protocol (HTTP) dan Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) sering diserang karena kebanyakan firewall dan mekanisme keamanan yang lain dikonfogurasikan untuk mengijinkan akses penuh ke program – program dari internet.
2. Malicious software (malware) terdiri dari virus, worm, Trojan Horse, dan spyware. Malware dapat membuat jaringan dan sistem menjadi down.
3. Spam (junk e-mail) mendatangkan akibat yang buruk pada sistem dan tempat penyimpanan. Spam juga membawa malware.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More